Kamis, 10 September 2009

BELAJAR DARI GURU TK

Ketika berbincang tentang mendampingi masyarakat marginal, seringkali terungkap keluhan sulitnya melakukan pendampingan untuk pemberdayaan mereka. Keluhan biasanya berlatar belakang temuan, bahwa mereka memiliki keterbatasan pemahaman dan pendidikan.
Keluhan ini tak salah, seperti halnya kesadaran dan pengalaman bahwa mendampingi masyarakat memang bukan pekerjaan yang mudah, upaya pemberdayaan untuk mereka adalah pekerjaan sulit yang membutuhkan energi - waktu dan biaya.
Tetapi, semua kesulitan yang ada mestinya tak bisa dijadikan alasan untuk menyerah, karena memang di situlah panggilan tugas berada. Dan, memang karena adanya keterbatasan masyarakat marginal itulah, maka panggilan tugas itu bergema. Sepertinya, kita harus terus belajar pada para Guru Taman Kanak-kanak, yang tak pernah mengeluh dan menolak bekerja dengan alasan murid-muridnya sangat terbatas kemampuannya. Para guru TK justru hadir melayani anak-anak dengan kesadaran penuh bahwa murid-muridnya adalah sekumpulan individu yang masih terbatas pengetahuan - ketrampilan dan sikapnya yang perlu dibantu untuk berkembang.
Mari, bekerja untuk masyarakat dengan berbekal semangat para guru TK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar